MEMBUAT KARYA ILMIAH

>> 25 March 2015


Membuat karya ilmiah penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan, apalagi seorang guru PNS  membuat karya ilmiah akan dinilai untuk memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat. Bahkan aturan kenaikan pangkat terbaru sangat menghargai penulisan karya ilmiah dengan memberikan skor angka kredit yang tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk merangsan para pendidik untuk gemar menulis. 

Meski demikian rupanya harapan pemerintah belum terwujud karena masih banyak ditemukan guru tidak bisa naik pangkat karena terhambat oleh penulisan karya ilmiah. Hal ini disebabkan para guru mamsih banyak yang belum mengerti teknik penulisan karya ilmiah. Tulisan berikut bukan bermaksud untuk menggurui, namun hanya sekedar berbagi untuk rekan-rekan guru yang mungkin belum mulai menulis karya ilmiah.
Berikut ini adalah langkah untuk menyusun karya ilmiah serta contoh penjelasannya:

A.     Identifikasikan seluruh masalah yang dihadapai pada saat pembelajaran, kemudian pilih salah satu topik yang paling mendesak untuk diselesaikan. (contoh masalah dibawah ini)
1.       Masalah belajar peserta didik di sekolah
2.       Pengembangan  profesionalisme guru dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran
3.       Pengelolaan dan pengendalian kelas
4.       Desain dan strategi pembelajaran
5.       Penamaan dan pengembangan sikap dan nilai
6.       Pemanfaatan alat bant, media, dan sumber belajar
7.       Sistem penilaian proses dan hasil belajar
8.       Kurikulum dan implementasinya
B.      Rumuskan jawaban setiap butir pertanyaan dibawah ini dan tuliskan pada kolom yang disediakan.

1.       Kerangka pikir
a. Tuliskan masalah-masalah atau kendala-kendala yang dihadapi guru ketika melaksanakan tugas sesuai topik yang dibahas.


-        Minat baca siswa  rendah

-        Prestasi belajar siswa rendah 

-    Kualitas pembelajaran yang rendah 

b.       Pilihlah salah satu masalah (butir 1.a) yang paling mendesak dan perlu dipecahkan
             Minat  baca siswa rendah

c.  Berikan alasan mengapa masalah tersebut mendesak dan penting untuk segera dicarikan pemecahannya berdasarkan pokok-pokok kajian teori dan empirik di lapangan.
              Rendahnya minat baca siswa mempengaruhi hasil belajar

d. Kemukakan faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya masalah tersebut, berdasarkan analisis kajian teori dan empirik di lapangan.
                  Rendahnya minat baca siswa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain : 
                  desain buku bacaan yang kurang menarik, isi buku sulit dimengerti atau 
                  terlalu banyak kalimat sehingga membingungkan.


e.       Rumuskan satu alternatif pemecahan masalah, berdasarkan hasil analisis kajian tersebut diatas.


Facebook  merupakan salah satu jejaring sosial yang memiliki anggota lebih dari 500 juta orang. Sebagian besar pengguna adalah para pelajar. Jika facebook ini digunakan sebagai media pembelajaran tentu akan lebih dekat dengan mereka. Kelebihannya adalah jika seseorang menambahkan informasi baru ke sebuah akun facebook, maka pihak facebook akan memberitahukan ke seluruh anggota yang terdaftar sebagai teman. 

2.       Kerangka Kerja
a.       Rumusan masalah :


Adakah pengaruh pemanfaatan media facebook untuk meningkatkan minat baca siswa terhadap pelajaran TIK di kelas VII D SMPN 13 Surabaya 


b.       Rencana Tindakan :
Siklus I
1).     Perencanaan Tindakan


-        Menyusun RPP yang relevan

-        Membuat akun facebook grup TIK kelas 7

-        Menyusun materi untuk dimuat (upload) ke facebook

-        Menyusun profosal penelitian
 

2).     Pelaksanaan Tindakan


-        Meminta para siswa bergabung di grup,”TIK kelas 7”.

-        Mengunggah materi,”Perangkat keras di dalam chasis dan alat-alat input” ke akun facebook.

-        Memberikan angket,” apakah telah membaca materi yang telah diunggah”.

-        Memberikan tes yang relevan.
 
3).     Pengamatan / Pengumpulan data :


-        Observasi dan pengumpulan data dilakukan pada saat  pelaksanaan tindakan menggunakan format yang telah disusun.



4).     Refleksi


-        Menganalisa data dan informasi lainya yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan
-        Menyusun kesimpulan berdasarkan hasil analisa data
-        Apabila diperoleh kesimpulan yang belum dapat menjawab permasalahan secara memuaskan akan dilanjutkan ke siklus berikutnya.

Siklus 2
1).     Perencanaan tindakan :


-        Menyusun perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang terjadi pada siklus I
-        Mendorong siswa untuk segera bergabung di grup TIK kelas 7 bagi yang belum bergabung.
-        Menyusun materi lanjutan,”Perangkat keras alat-alat output dan penyimpan data”.
-        Mengunggah materi ke akun facebook
-        Menyusun angket dan evaluasi

2).     Pelaksanaan Tindakan :


-        Meminta siswa untuk membaca materi di akun facebook
-        Memberikan angket  sesuai yang telah dipersiapkan dalam perencanaan tindakan.
-        Memberikan evaluasi

3).     Pengamatan / pengumpulan data :


-        Observasi dan pengumpulan data dilakukan pada saat  pelaksanaan tindakan menggunakan format yang telah disusun.

4).     Refleksi :


-        Menganalisa data dan informasi lainya yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan

-        Menyusun kesimpulan berdasarkan hasil analisa data

-        Apabila diperoleh kesimpulan yang belum dapat menjawab permasalahan secara memuaskan akan dilanjutkan ke siklus berikutnya
 


c.        Buatlah format observasi untuk digunakan dalam proses PTK sesuai permasalahan di atas yang setidak-tidaknya terdiri atas (1) aspek observasi, (2) Skor, serta dilengkapi petunjuk penskorannya.

Instrumen Observasi

Demikian semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

 


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Klik banner berikut untuk mendapatkan webhosting gratis 100 % Web hosting

Tool Blog :

Search Engine Optimization Watch favourite links Reference Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Tukar link ?
Copy dan paste kode dibawah ini ke blog anda. Silahkan konfirmasi apabila anda telah memuat link ini saya akan memasang link anda disini.

Followers :

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2013

KEMBALI KE ATAS