Langsung ke konten utama

MEMBUAT KARYA ILMIAH


Membuat karya ilmiah penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan, apalagi seorang guru PNS  membuat karya ilmiah akan dinilai untuk memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat. Bahkan aturan kenaikan pangkat terbaru sangat menghargai penulisan karya ilmiah dengan memberikan skor angka kredit yang tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk merangsan para pendidik untuk gemar menulis. 

Meski demikian rupanya harapan pemerintah belum terwujud karena masih banyak ditemukan guru tidak bisa naik pangkat karena terhambat oleh penulisan karya ilmiah. Hal ini disebabkan para guru mamsih banyak yang belum mengerti teknik penulisan karya ilmiah. Tulisan berikut bukan bermaksud untuk menggurui, namun hanya sekedar berbagi untuk rekan-rekan guru yang mungkin belum mulai menulis karya ilmiah.
Berikut ini adalah langkah untuk menyusun karya ilmiah serta contoh penjelasannya:

A.     Identifikasikan seluruh masalah yang dihadapai pada saat pembelajaran, kemudian pilih salah satu topik yang paling mendesak untuk diselesaikan. (contoh masalah dibawah ini)
1.       Masalah belajar peserta didik di sekolah
2.       Pengembangan  profesionalisme guru dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran
3.       Pengelolaan dan pengendalian kelas
4.       Desain dan strategi pembelajaran
5.       Penamaan dan pengembangan sikap dan nilai
6.       Pemanfaatan alat bant, media, dan sumber belajar
7.       Sistem penilaian proses dan hasil belajar
8.       Kurikulum dan implementasinya
B.      Rumuskan jawaban setiap butir pertanyaan dibawah ini dan tuliskan pada kolom yang disediakan.

1.       Kerangka pikir
a. Tuliskan masalah-masalah atau kendala-kendala yang dihadapi guru ketika melaksanakan tugas sesuai topik yang dibahas.


-        Minat baca siswa  rendah

-        Prestasi belajar siswa rendah 

-    Kualitas pembelajaran yang rendah 

b.       Pilihlah salah satu masalah (butir 1.a) yang paling mendesak dan perlu dipecahkan
             Minat  baca siswa rendah

c.  Berikan alasan mengapa masalah tersebut mendesak dan penting untuk segera dicarikan pemecahannya berdasarkan pokok-pokok kajian teori dan empirik di lapangan.
              Rendahnya minat baca siswa mempengaruhi hasil belajar

d. Kemukakan faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya masalah tersebut, berdasarkan analisis kajian teori dan empirik di lapangan.
                  Rendahnya minat baca siswa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain : 
                  desain buku bacaan yang kurang menarik, isi buku sulit dimengerti atau 
                  terlalu banyak kalimat sehingga membingungkan.


e.       Rumuskan satu alternatif pemecahan masalah, berdasarkan hasil analisis kajian tersebut diatas.

Facebook  merupakan salah satu jejaring sosial yang memiliki anggota lebih dari 500 juta orang. Sebagian besar pengguna adalah para pelajar. Jika facebook ini digunakan sebagai media pembelajaran tentu akan lebih dekat dengan mereka. Kelebihannya adalah jika seseorang menambahkan informasi baru ke sebuah akun facebook, maka pihak facebook akan memberitahukan ke seluruh anggota yang terdaftar sebagai teman. 

2.       Kerangka Kerja
a.       Rumusan masalah :


Adakah pengaruh pemanfaatan media facebook untuk meningkatkan minat baca siswa terhadap pelajaran TIK di kelas VII D SMPN 13 Surabaya 


b.       Rencana Tindakan :
Siklus I
1).     Perencanaan Tindakan


-        Menyusun RPP yang relevan

-        Membuat akun facebook grup TIK kelas 7

-        Menyusun materi untuk dimuat (upload) ke facebook

-        Menyusun profosal penelitian
 

2).     Pelaksanaan Tindakan


-        Meminta para siswa bergabung di grup,”TIK kelas 7”.

-        Mengunggah materi,”Perangkat keras di dalam chasis dan alat-alat input” ke akun facebook.

-        Memberikan angket,” apakah telah membaca materi yang telah diunggah”.

-        Memberikan tes yang relevan.
 
3).     Pengamatan / Pengumpulan data :


-        Observasi dan pengumpulan data dilakukan pada saat  pelaksanaan tindakan menggunakan format yang telah disusun.



4).     Refleksi


-        Menganalisa data dan informasi lainya yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan
-        Menyusun kesimpulan berdasarkan hasil analisa data
-        Apabila diperoleh kesimpulan yang belum dapat menjawab permasalahan secara memuaskan akan dilanjutkan ke siklus berikutnya.

Siklus 2
1).     Perencanaan tindakan :


-        Menyusun perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang terjadi pada siklus I
-        Mendorong siswa untuk segera bergabung di grup TIK kelas 7 bagi yang belum bergabung.
-        Menyusun materi lanjutan,”Perangkat keras alat-alat output dan penyimpan data”.
-        Mengunggah materi ke akun facebook
-        Menyusun angket dan evaluasi

2).     Pelaksanaan Tindakan :


-        Meminta siswa untuk membaca materi di akun facebook
-        Memberikan angket  sesuai yang telah dipersiapkan dalam perencanaan tindakan.
-        Memberikan evaluasi

3).     Pengamatan / pengumpulan data :


-   Observasi dan pengumpulan data dilakukan pada saat  pelaksanaan tindakan menggunakan format yang telah disusun.

4).     Refleksi :


-    Menganalisa data dan informasi lainya yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan

-        Menyusun kesimpulan berdasarkan hasil analisa data

-        Apabila diperoleh kesimpulan yang belum dapat menjawab permasalahan secara memuaskan akan dilanjutkan ke siklus berikutnya
 


c.        Buatlah format observasi untuk digunakan dalam proses PTK sesuai permasalahan di atas yang setidak-tidaknya terdiri atas (1) aspek observasi, (2) Skor, serta dilengkapi petunjuk penskorannya.

Instrumen Observasi

Demikian semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.


loading...

Postingan populer dari blog ini

SOAL PSIKOTES

 TES PAPI ( Perception and Preference Inventory ) Ini adalah pengalaman pertama pakde karyo mengikuti tes psikotes di UNAIR Surabaya. Tes dilakukan dengan berbagai model pemeriksaan antara lain tes logika penalaran, tes warteg , tes Kraeplien/Pauli , Draw a Man Test (DAM), menggambar pohon, army alpha intelegence test dan PAPI ( Perception and Preference Inventory ) . Dalam mengerjakan soal setiap tahap dipandu oleh petugas dengan cepat sekali. Berikut ini adalah soal tes PAPI. Dalam tes ini anda akan diberikan 90 pasang pernyataan. Jika memilih pernyataan pertama maka cara menjawabnya melingkari anak panah mendatar, namun jika memilih pernyataan kedua maka melingkari anak panah yang arah diagonal.  Ikutilah petunjuk    yang diberikan oleh pemandu. Saya seorang pekerja keras, Saya bukan seorang pemurung Saya suka bekerja lebih baik dari orang lain, Saya suka mengerjakan apa yang sedang saya kerjakan, sampai selesai Saya suka menunjukkan caranya mel...

MEMBUAT TES INTERAKTIF DENGAN TOKEN

Tutorial ini akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara membuat soal tes interaktif online dilengkapi dengan token. Token adalah kode unik yang harus diinputkan agar hanya orang yang dikehendaki dapat  mengerjakan soal. Fungsi token dalam pembuatan soal online antara lain :  dapat mencegah orang yang tidak berkepentingan masuk ke  sistem tes.  guru bisa mengendalikan kapan siswa mulai mengerjakan soal online. alat bantu menjaga keamanan data Dalam panduan ini penambahan token dilakukan pada pembuatan tes interaktif yang menggunakan google form, seperti yang sudah di paparkan pada judul membuat tes interaktif mudah .di blog ini. Anda dianggap telah memahami cara membuat tes interaktif menggunakan google form, namun jika belum silahkan klik https://pakdekaryo.blogspot.com/2020/04/membuat-tes-interaktif-mudah.html . Berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk menyisipkan token pada soal yang akan atau sudah kita buat.  Membuat formulir baru, s...

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

K omputer terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat. Sedangkan perangkat lunak adalah perangkat yang berupa program-program untuk menjalankan komputer. Secara skematik perangkat keras adalah sebagai berikut : 1.       Central Processing Unit (CPU) CPU merupakan pusat pengolah data atau sering disebut sbagai otaknya komputer.CPU sering juga disebut sebagai microprocessor atau processor. Gambar processor adalah sebagai berikut : Berdasarkan fungsi operasionalnya CPU dibedakan menjadi 2 bagian yaitu : a.       Arithmatical Logical Unit (ALU) berfungsi sebagai pusat pengolah data, seperti perhitungan matematika. b.       Control unit (CU), berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer. ~           Kecepatan kinerja komputer diukur dengan satuan hertz. Saat ini k...