Membuat karya ilmiah penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan, apalagi seorang guru PNS membuat karya ilmiah akan dinilai untuk memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat. Bahkan aturan kenaikan pangkat terbaru sangat menghargai penulisan karya ilmiah dengan memberikan skor angka kredit yang tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk merangsan para pendidik untuk gemar menulis.
Meski demikian rupanya harapan pemerintah belum terwujud karena masih banyak ditemukan guru tidak bisa naik pangkat karena terhambat oleh penulisan karya ilmiah. Hal ini disebabkan para guru mamsih banyak yang belum mengerti teknik penulisan karya ilmiah. Tulisan berikut bukan bermaksud untuk menggurui, namun hanya sekedar berbagi untuk rekan-rekan guru yang mungkin belum mulai menulis karya ilmiah.
Berikut ini adalah langkah untuk menyusun karya ilmiah serta contoh penjelasannya:
A. Identifikasikan seluruh masalah yang dihadapai pada saat pembelajaran, kemudian pilih salah
satu topik yang paling mendesak untuk diselesaikan. (contoh masalah dibawah ini)
1. Masalah
belajar peserta didik di sekolah
2.
Pengembangan profesionalisme guru dalam rangka peningkatan
mutu pembelajaran
3.
Pengelolaan dan
pengendalian kelas
4.
Desain dan
strategi pembelajaran
5.
Penamaan dan
pengembangan sikap dan nilai
6.
Pemanfaatan alat
bant, media, dan sumber belajar
7.
Sistem penilaian
proses dan hasil belajar
8.
Kurikulum dan
implementasinya
B. Rumuskan jawaban setiap butir pertanyaan dibawah ini dan tuliskan
pada kolom yang disediakan.
1.
Kerangka pikir
a. Tuliskan
masalah-masalah atau kendala-kendala yang dihadapi guru ketika melaksanakan
tugas sesuai topik yang dibahas.
-
Minat baca
siswa rendah
-
Prestasi belajar siswa rendah
- Kualitas
pembelajaran yang rendah
b.
Pilihlah salah
satu masalah (butir 1.a) yang paling mendesak dan perlu dipecahkan
Minat baca siswa rendah
c. Berikan alasan
mengapa masalah tersebut mendesak dan penting untuk segera dicarikan
pemecahannya berdasarkan pokok-pokok kajian teori dan empirik di lapangan.
Rendahnya minat baca siswa mempengaruhi hasil belajar
d. Kemukakan
faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya masalah tersebut, berdasarkan
analisis kajian teori dan empirik di lapangan.
Rendahnya minat baca siswa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain : desain buku bacaan yang kurang menarik, isi buku sulit dimengerti atau
terlalu banyak kalimat sehingga membingungkan.
e.
Rumuskan satu
alternatif pemecahan masalah, berdasarkan hasil analisis kajian tersebut
diatas.
Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang memiliki anggota lebih dari 500 juta orang. Sebagian besar pengguna adalah para pelajar. Jika facebook ini digunakan sebagai media pembelajaran tentu akan lebih dekat dengan mereka. Kelebihannya adalah jika seseorang menambahkan informasi baru ke sebuah akun facebook, maka pihak facebook akan memberitahukan ke seluruh anggota yang terdaftar sebagai teman.
2.
Kerangka Kerja
a.
Rumusan masalah :
Adakah pengaruh pemanfaatan media facebook untuk meningkatkan minat
baca siswa terhadap pelajaran TIK di kelas VII D SMPN 13 Surabaya
b.
Rencana Tindakan
:
Siklus I
1).
Perencanaan
Tindakan
-
Menyusun
RPP yang relevan
-
Membuat
akun facebook grup TIK kelas 7
-
Menyusun
materi untuk dimuat (upload) ke facebook
-
Menyusun
profosal penelitian
2).
Pelaksanaan
Tindakan
-
Meminta para siswa bergabung di grup,”TIK
kelas 7”.
-
Mengunggah materi,”Perangkat keras di
dalam chasis dan alat-alat input” ke akun facebook.
-
Memberikan
angket,” apakah telah membaca materi yang telah diunggah”.
-
Memberikan
tes yang relevan.
3).
Pengamatan /
Pengumpulan data :
-
Observasi
dan pengumpulan data dilakukan pada saat
pelaksanaan tindakan menggunakan format yang telah disusun.
4).
Refleksi
-
Menganalisa
data dan informasi lainya yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan
-
Menyusun
kesimpulan berdasarkan hasil analisa data
-
Apabila
diperoleh kesimpulan yang belum dapat menjawab permasalahan secara memuaskan
akan dilanjutkan ke siklus berikutnya.
Siklus 2
1).
Perencanaan
tindakan :
-
Menyusun
perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang terjadi pada siklus I
-
Mendorong
siswa untuk segera bergabung di grup TIK kelas 7 bagi yang belum bergabung.
-
Menyusun materi lanjutan,”Perangkat keras
alat-alat output dan penyimpan data”.
-
Mengunggah materi ke akun facebook
-
Menyusun angket dan evaluasi
2).
Pelaksanaan
Tindakan :
-
Meminta siswa untuk membaca materi di akun
facebook
-
Memberikan angket sesuai yang telah dipersiapkan dalam
perencanaan tindakan.
-
Memberikan evaluasi
3).
Pengamatan /
pengumpulan data :
- Observasi
dan pengumpulan data dilakukan pada saat
pelaksanaan tindakan menggunakan format yang telah disusun.
4).
Refleksi :
- Menganalisa
data dan informasi lainya yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan
-
Menyusun
kesimpulan berdasarkan hasil analisa data
-
Apabila
diperoleh kesimpulan yang belum dapat menjawab permasalahan secara memuaskan
akan dilanjutkan ke siklus berikutnya
c.
Buatlah format observasi
untuk digunakan dalam proses PTK sesuai permasalahan di atas yang
setidak-tidaknya terdiri atas (1) aspek observasi, (2) Skor, serta dilengkapi
petunjuk penskorannya.
Instrumen
Observasi
loading...