SOAL TES PSIKOLOGI TES KORAN

>> 28 March 2015

Menyambung postingan pakde karyo sebelumnya mengenai pengalaman mengikuti tes psikologi, kali ini akan di kupas tes berikutnya yaitu tes Kraeplin Pauli, orang biasanya menyebut tes koran, karena bentuknya yang memanjang seperti koran.  Sebenarnya saya tidak tahu apa fungsi tes ini, namun beberapa sumber menyabutkan bahwa tes koran berfungsi  untuk menilai : 
  •  Aspek keuletan (daya tahan) - tes ini menguji seberapa ulet seseorang menyelesaikan masalah rumit dan ambigu, dalam tempo yang terbatas, dan bagaimana tingkat konsistensinya.

  • Aspek kemauan atau kehendak individu - Tes ini akan mengukur kemauan dan motivasi seseorang saat mengerjakan hal-hal yang rumit, dari sinilah nampak kekuatan daya juang seseorang.

  • Aspek Emosi - Tes ini mengukur kemampuan seseorang dalam meredam dan mengendalikan diri pada saat sedang mendapat tekanan dalam pekerjaan yang cukup rumit.Hasil tes inilah yang akan digunakan untuk mengukur stabilitas seseorang yang sedang diperiksa.

  • Aspek penyesuaian diri (adaptasi) - Tes ini bisa digunakan untuk mengukur kecepatan seseorang dalam menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan sesuatu yang mungkin benar-benar baru.  

  • Aspek stabilitas diri - Mengukur tingkat kestabilan dari tingkat ke tingkat tes, karena tes pauli dan kraepelin memiliki beberapa map dan jenis, biasanya dalam beberapa tahap tes. (Mental Practice Stability)


Pada tes kali ini pemandu memberikan selembar kertas yang ukurannya cukup panjang dengan mendatar ( model lanscape) dengan banyak deretan angka-angka mengarah vertikal. Berikut ini gambarnya.
Untuk mengerjakan tes ini pemandu memberikan kesempatan kepada peserta tes untuk menjumlahkan angka-angka yang berdekatan dari arah bawah ke atas. Contoh penyelesaian seperti gambar diatas adalah menjumlahkan angka-angka terdekat dimulai dari pojok kiri bawah yaitu 4+6 = 10  dituliskan digit ke dua disamping kanannya. Selanjutnya 6+9 = 15 ditulis 5 disamping kanannya, begitu seterusnya. 

Dalam mengerjakan tes ini harap benar-benar konsentrasi, karena pemandu hanya memberikan kesempatan menjumlahkan setiap kolom hanya beberapa detik saja. Ketika perintah ,"PINDAH" disampaikan maka kita harus segera berpindah menghitung kolom berikutnya. Kalau tidak sabar dan konsentrasi penuh biasanya pada kolom berikutnya akan banyak kesalahan. Usahakan setiap kolom stabil jumlah angka yang bisa terselesaikan, karena ini menunjukkan anda adalah seorang yang ulet, memeiliki emosi stabil dan berkemauan tinggi. Agar mendapatkan penilaian maksimal dalam tes ini diperlukan latihan yang berulang-ulang. Kalau perlu pakai timer. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.





Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Klik banner berikut untuk mendapatkan webhosting gratis 100 % Web hosting

Tool Blog :

Search Engine Optimization Watch favourite links Reference Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Tukar link ?
Copy dan paste kode dibawah ini ke blog anda. Silahkan konfirmasi apabila anda telah memuat link ini saya akan memasang link anda disini.

Followers :

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2013

KEMBALI KE ATAS