Skip to main content

MEMBUAT TES INTERAKTIF MUDAH

MEMBUAT TES INTERAKTIF MUDAH  TANPA PEMROGRAMAN

Dulu untuk bisa membuat tes interaktif diperlukan pengetahuan tentang pemrograman, namun sekarang hal tersebut tidak diperlukan. Bagaimana caranya ?
Sebenarnya banyak tools yang bisa digunakan untuk membuat tes interaktif tanpa harus menguasai bahasa pemrograman antara lain google form, office form, proprofs, socrative, dan lain-lain. masing memiliki kelebihan dan kelemahan. 
Dalam postingan kali ini kita akan belajar bagaimana membuat tes interaktif menggunakan google form. Mengapa google form ?.
  1. Karena sebagian besar gagdet adalah menggunakan sistem operasi android miliknya google, sehingga  data yang dihasilkan akan terintegrasi dengan baik.
  2. Setiap orang yang menggunakan handphone android pasti memiliki email gmail, sehingga memudahkan untuk pembuatan akun di google form.
  3. Fitur yang  disediakan  cukup  lengkap.
  4. Langkah  pembuatan soal relatif mudah.
Berikut langkah-langkan membuat tes interaktif menggunakan google form.
1. Login
  1. Pastikan anda telah memiliki alamat email di gmail. Jika belum silahkan membuatnya terlebih dahulu panduannya ada disini.
  2. Pada address bar browser anda ketikkan, "https://doc.google.com/forms"   
  3. Masukkan alamat email, kemudian klik tombol "Berikutnya"
  4. Masukkan kata sandi pada kotak dialog, selanjutnya klik tombol " Berikutnya " .
  5. Maka akan muncul tampilan google form.
  6. Untuk memulai membuat tes interaktif , kita lihat di bagian atas "Memulai formulir Baru". Ada beberapa template yang bisa dipilih. Namun kita gunakan template "kosong" paling kiri.
  7. Maka akan ditampilkan formulir untuk mendesain tes interaktif.
2. Membuat soal
  1. Tuliskan Judul yang diinginkan pada kolom " Formulir tanpa judul ", misalnya "Penilaian Tengah Semester". Kemudian yang kolom "deskripsi formulir" bisa diberi keterangan sesuai kebutuhan, misalnya "Prakarya kelas 7".
  2. Selanjutnya klik pada bagian kolom dibawahnya. Disini bisa membuat tes model jawaban singkat, jawaban panjang, pilihan ganda, dan  memilih lebih dari 1 jawaban. Dalam tutorial ini akan diberikan contoh membuat tes model pilihan ganda.

  3. Keterangan
    1. tempat menulispertanyaan
    2. tempat menambahkan gambar pada pertanyaan
    3. memilih jenis soal
    4. menulis jawaban pada opsi
    5. menambahkan jumlah opsi
    6. menggandakan template pertanyaan
    7. menghapus template pertanyaan
    8. menentukan soal wajib dijawab  atau tidak
    9. menambah pertanyaan
    10. mengimpor pertanyaan
    11. menambahkan judul dan deskripsi
    12. menambahgambar
    13. menambah video
    14. menambah bagian
  4. Klik  soal pilihan ganda (gambar no 3), selanjutnya ketikkan soal pada kotak pertanyaan. Jika  akan menambahkan gambar dekatkan pointer mouse pada kotak  pertanyaan maka akan muncul tombol "gambar", kemudian klik tombol gambar untuk mengupload  gambar.
  5. Tuliskan jawaban pada kotak "opsi" dengan cara mengkliknya. Jika ingin menambahkan gambar dekatkan  pointer  mouse  pada kotak opsi. Klik simbol gambar untuk menambahkan  gambar. Untuk menambah opsi cukup  klik "Tambahkan opsi atau  tambahkan lainnya".
  6. Maka pembuatan soal selesai,untuk menambah soal berikutnya klik tombol tambah soal. Begitu seterusnya sampai jumlah soal sesuai keingingan.
3.
Melakukan Pengaturan
  1. Setelan
    1. Umum, berikan tanda centang pada menu "batasi 1  tanggapan" jika menginginkan siswa  hanya bisa mengerjakan 1 kali.
    2. Presentasi, silahkan diatur sesuai keinginan apakah akan mengacak soal dan menampilkan  status progres  dengan cara memberikan  tanda  centang.
    3. Kuis, aktifkan dengan menggeser  tombol  ke arah kanan kuis agar soal  yang telah dibuat dapat diatur kunci jawaban, penskoran dan pengaturan lainnya.
  2. Tema, pada menu ini kita bisa mengatur gambar  pada header, warna tema, warna latar  belakang, dan gaya font.
  3. Respon, menu respon bisa  dihidupkan dan dimatikan sesuai kebutuhan  dengan  cara  menggeser tombol  saklar ke kanan  atau ke  kiri.
  4. Selanjutnya klik  tombol  "spreadsheet"  berwarna hijau  untuk  membuat file penampung jawaban siswa. 
  5. Pada  kolom "buat spreadsheet baru"  isilah nama file yang diinginkan. Kemudian  klik  tombol  "Buat".
4. Membagi link
Link soal  yang  telah  dibuat  dapat  dibagikan  dengan  berbagai  cara.  Yang  paling  umum  yaitu  dengan  memilih  menu  "gambar  rantai", selanjutnya  beri  centang  pada pilihan  "perpendek  URL",  kemudian  klik  tombol  "salin". 
Selanjutnya  hasil  copyan  bisa kita  bagikan  melalui media  yang kita  inginkan, misalnya  medsos  atau yang  lainnya.
5
Memeriksa jawaban siswa
Setelahpara siswa selesai mengerjakanhasilnya dapat dilihat melalui menu "respons ".   Di menu  ini kita bisa memeriksa jawaban siswa melalui 2 cara yaitu :
  1. Form secara langsung
    1. Menu ringkasan,berisi informasi ringkasan hasil  kerja  siswa  dalam bentuk grafik.
    2. Menu pertanyaan, memeriksa jawaban siswa berdasarkan no urut  pertanyaan.
    3. Menu individu, memeriksa  jawaban  siswa  berdasarkan nama masing-masing siswa. Guru bisa memberikan  skor siswa  melalui menu ini.
  2. Form spreadsheet (Excel)
    1. Klik  tombol  "spreadsheet" berwarna hijau,  maka akan  muncul tabel  dalam bentuk  spreadsheet/excel.
    2. Langkah berikutnya, pilih menu "File", kemudian "downloads",dan pilih "Microsoft Excel (.xlsx)".
    3. Silahkan data  hasil  unduhan di olah  sesuai kebutuhan.

Popular posts from this blog

SOAL PSIKOTES

 TES PAPI ( Perception and Preference Inventory ) Ini adalah pengalaman pertama pakde karyo mengikuti tes psikotes di UNAIR Surabaya. Tes dilakukan dengan berbagai model pemeriksaan antara lain tes logika penalaran, tes warteg , tes Kraeplien/Pauli , Draw a Man Test (DAM), menggambar pohon, army alpha intelegence test dan PAPI ( Perception and Preference Inventory ) . Dalam mengerjakan soal setiap tahap dipandu oleh petugas dengan cepat sekali. Berikut ini adalah soal tes PAPI. Dalam tes ini anda akan diberikan 90 pasang pernyataan. Jika memilih pernyataan pertama maka cara menjawabnya melingkari anak panah mendatar, namun jika memilih pernyataan kedua maka melingkari anak panah yang arah diagonal.  Ikutilah petunjuk    yang diberikan oleh pemandu. Saya seorang pekerja keras, Saya bukan seorang pemurung Saya suka bekerja lebih baik dari orang lain, Saya suka mengerjakan apa yang sedang saya kerjakan, sampai selesai Saya suka menunjukkan caranya melaksanakan sesuatu hal, S

SOAL TES PSIKOLOGI TES KORAN

Menyambung postingan pakde karyo sebelumnya mengenai pengalaman mengikuti tes psikologi, kali ini akan di kupas tes berikutnya yaitu tes Kraeplin Pauli, orang biasanya menyebut tes koran, karena bentuknya yang memanjang seperti koran.  Sebenarnya saya tidak tahu apa fungsi tes ini, namun beberapa sumber menyabutkan bahwa tes koran berfungsi  untuk menilai :    Aspek keuletan (daya tahan) - tes ini menguji seberapa ulet seseorang menyelesaikan masalah rumit dan ambigu, dalam tempo yang terbatas, dan bagaimana tingkat konsistensinya. Aspek kemauan atau kehendak individu - Tes ini akan mengukur kemauan dan motivasi seseorang saat mengerjakan hal-hal yang rumit, dari sinilah nampak kekuatan daya juang seseorang. Aspek Emosi - Tes ini mengukur kemampuan seseorang dalam meredam dan mengendalikan diri pada saat sedang mendapat tekanan dalam pekerjaan yang cukup rumit.Hasil tes inilah yang akan digunakan untuk mengukur stabilitas seseorang yang sedang diperiksa. As

VIRUS REMOVAL THE KILLER MACHINE

Tidak ada antivirus yang paling hebat, karena virus akan selangkah lebih maju dari anti virusnya sendiri. Antivirus sendiri baru dibuat setelah virus ada. Setiap hari selalu lahir varian virus baru, sehingga membuat anti virus yang kita miliki tidak berdaya menghadang kedatangannya. Jika hal ini terjadi, apa yang harus dilakukan ? www.itku.co.cc membahasnya sebagai berikut : Pembuat virus memang sangat kreatif, agar virus dapat melenggang dengan aman di komputer biasanya ia akan melumpuhkan antivirus yang ada terlebih dahulu. Dengan demikian antivirus ibarat macan ompong yang tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi sobat tidak perlu khawatir, karena masih ada jurus jitu untuk membuat virus mati kutu yaitu kita musnahkan dengan virus removal the killer machine. Apa itu The Killer Machine ? The Killer Machine merupakan tool removal yang dapat membunuh/menghapus hampir semua jenis virus/trojan (baik varian yang telah ada atau varian yang terbaru). tool ini dapat mencari dan menghapus