KIAT SUKSES UNAS

>> 26 July 2009

Unas sebenarnya bukanlah ujian yang menakutkan apabila kita telah mempersiapkan diri sebelumnya, malah justru digunakan sebagai even yang menyenangkan untuk menguji sampai sejauh mana kemampuan kita. namun jika kamu takut tidak lulus, ikutilah trik berikut ini.

1. Tetapkan dan Tulis tujuan kamu !

Tujuan kamu sudah jelas dan mungkin sudah kamu pahami yaitu “Sukses UN”, tapi seberapa kuat motivasi kamu untuk mencapai tujuan itu ? Apa alasan yang mendasar kenapa kau harus mencapai tujuan tersebut? Jika tujuan itu tidak tercapai, apa dampaknya bagi dirimu?. Kalau kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menulisnya dengan jelas (Ingat tujuan harus di tulis dan dipajang pada tempat yang dapat kamu lihat, agar tujuan tersebut dapat kamu ingat & kamu termotivasi untuk mencapainya), maka Insya Allah tujuan itu dapat kamu capai, tapi bila kamu tidak dapat menjawab dengan jelas pertanyaan di atas dan kamu tidak menulisnya, maka tujuan itu akan kabur dan tidak jelas, sehingga motivasi kamu akan lemah dan kemungkinan besar kamu akan gagal mencapai tujuan tersebut. Dan penulis yakin kamu tidak akan gagal, karena kamu akan langsung menulis tujuan itu sekarang beserta jawaban yang jelas dari pertanyaan di atas. …Ya sekarang.. tunggu apalagi?

2. Siapkan Ruang & Bahan belajarmu !

Setelah kamu memiliki arah tujuan yang jelas, mulailah menata ruang dan meja belajarmu yang di atas dindingnya telah kamu tempel tujuanmu, mengumpulkan bahan belajar yang terdiri dari buku cetak kelas 7,8 dan 9 dan yang utama adalah buku kumpulan soal UN minimal 5 tahun terakhir karena inilah saatnya kamu berlatih mengerjakan soal dan soal UN 2009 nanti tidak akan jauh berbeda dari soal tahun-tahun sebelumnya. Dengan ruang belajar yang kondusif dan ketersediaan bahan belajar merupakan syarat awal pencapaian tujuanmu.

3. Susun Rencana Belajar !

Rencana yang kamu susun adalah rencana belajar untuk mempelajari soal UN (min. 5 tahun terakhir). Susun rencana menjadi target pekanan sampai dengan UN 2009. Lalu bagi bidang studi menjadi beberapa bab dan tempatkan bab tersebut menjadi target belajar pekanan. Contoh untuk pekan pertama ditargetkan berlatih soal bab persamaan kuadrat untuk matematika, bab tenses untuk bahasa inggris dan bab EYD untuk bahasa Indonesia. Rencana inilah yang akan menjadi pedoman belajar kamu sekarang, jangan lupa konsultasikan rencana ini dengan guru/kakak pembimbingmu mungkin mereka ada saran yang terbaik. Ingat rencana ini kamu buat untuk dilaksanakan !

4. Belajar berdasarkan Soal !

Seperti yang disinggung di atas, inilah saatnya untuk berlatih mengerjakan soal, akrabkan dirimu dengan tipe soal UN. Pelajari teori berdasarkan soal yang kamu kerjakan, kerjakan dahulu soalnya lalu lihat teori pembahasannya. Bukan lagi saatnya kamu mempelajari teori dahulu baru mengerjakan soal karena hal tersebut telah kamu lalui dulu, saat kamu baru mempelajari bab tersebut dan hal tersebut akan membuang waktu saja dan kamu juga akan cepat lupa. Mempelajari soal, juga berarti berlatih mengerjakan soal dengan cepat dan tepat sesuai dengan waktu ujian yang terbatas.


5. Uji kemampuan dirimu !

Saatnya kamu mengevaluasi hasil belajarmu dengan mengadakan Try Out atau Uji Coba atau disebut juga dengan Simulasi ujian setiap bulan/pekan yang diset jumlah soal, tingkat kesulitan dan waktu kerja yang sama seperti ujian aslinya. Hal ini dapat dilakukan di Bimbingan belajar – yang menggunakan sistem perhitungan yang sama dengan ujian aslinya yaitu Nilai Nasional atau dapat kamu lakukan secara mandiri di rumah dengan waktu yang sama seperti ujian aslinya dan mengambil soal uji tahun-tahun sebelumnya dan kamu analisa bagaimana jumlah soal yang benar dan salah, apakah ada peningkatan pada setiap bulan/pekan-nya. Untuk mendapatkan soal-soal UNAS tahun gratis lalu klik disini.

6. Ikut Bimbingan Belajar Terpercaya !

Perlunya mengikuti bimbingan belajar dikarenakan bimbingan belajar menyediakan prediksi soal ujian yang akurat karena berdasarkan analisis soal uji di tahun-tahun sebelumnya oleh tim yang ahli, selain itu bimbingan belajar juga memiliki sistem perhitungan nilai sesuai dengan ujian aslinya, sehingga perkembangan kamu akan selalu terpantau.

7. Terapkan Sistematika Kerja Ujian !

Saat ujian berlangsung, kamu harus menerapkan sistematika kerja ujian yang merupakan manajemen waktu menit per-menit dengan urutan tahapan kerja yang harus dilakukan oleh kamu peserta ujian.

8. Berdo’a & bertawakal kepada Allah Yang Maha Suci & Tinggi !

Setelah kita berikhtiar/berusaha atau selagi dalam proses usaha tersebut, kiranya dan sudah merupakan suatu kewajiban bagi kita makhluk yang lemah untuk meminta kepada Rabb yang Maha Memiliki dan Maha Menguasai agar segala cita-cita kita dapat tercapai. Karena kita menyadari, banyak faktor di luar kendali yang mempengaruhi kesuksesan kita, contohnya apakah kamu yakin saat UNAS nanti kamu dalam keadaan sehat ? kalau kita sakit tentu tidak ada ujian ulangan kecuali menunggu di tahun depan atau apakah kita tahu bagaimana nasib lembar jawaban yang kita isi pada saat proses penilaian di mesin scanner, apakah masih dalam kondisi baik, kotor, terlipat, atau hilang? Kesemuanya ini tentu hal yang di luar dari kontrol kita selaku manusia yang lemah, oleh karena itu serahkan semuanya kepada Allah Yang Maha Suci & Tinggi setelah kita berusaha secara maksimal.(Pakde Karyo)
Sumber :http://simakui.com/menggapai-sukses-un-simak-ui-snm-ptn.html


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Klik banner berikut untuk mendapatkan webhosting gratis 100 % Web hosting

Followers :

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2013

KEMBALI KE ATAS