Skip to main content

SOAL PSIKOTES

 TES PAPI (Perception and Preference Inventory)


Ini adalah pengalaman pertama pakde karyo mengikuti tes psikotes di UNAIR Surabaya. Tes dilakukan dengan berbagai model pemeriksaan antara lain tes logika penalaran, tes warteg, tes Kraeplien/Pauli, Draw a Man Test (DAM), menggambar pohon, army alpha intelegence test dan PAPI (Perception and Preference Inventory). Dalam mengerjakan soal setiap tahap dipandu oleh petugas dengan cepat sekali.

Berikut ini adalah soal tes PAPI. Dalam tes ini anda akan diberikan 90 pasang pernyataan. Jika memilih pernyataan pertama maka cara menjawabnya melingkari anak panah mendatar, namun jika memilih pernyataan kedua maka melingkari anak panah yang arah diagonal.  Ikutilah petunjuk    yang diberikan oleh pemandu.
  1. Saya seorang pekerja keras, Saya bukan seorang pemurung
  2. Saya suka bekerja lebih baik dari orang lain, Saya suka mengerjakan apa yang sedang saya kerjakan, sampai selesai
  3. Saya suka menunjukkan caranya melaksanakan sesuatu hal, Saya ingin bekerja sebaik mungkin
  4. Saya suka berkelakar, Saya senang mengatakan kepada orang lain, apa yang harus dilakukannya
  5. Saya suka menggabungkan diri dengan kelompok-kelompok, Saya suka diperhatikan oleh kelompok-kelompok
  6. Saya senang bersahabat intim dengan seseorang, Saya senang bersahabat dengan sekelompok orang
  7. Saya cepat berubah bila hal itu diperlukan, Saya berusaha untuk intim dengan teman-teman
  8. Saya suka membalas dendam bila saya benar-benar disakiti, Saya suka melakukan hal-hal yang baru dan berbeda
  9. Saya ingin atasan saya menyukai saya, Saya suka mengatakan kepada orang lain, bila mereka salah
  10. Saya suka mengikuti perintah-perintah yang diberikan kepada saya, Saya suka menyenangkan hati orang yang memimpin saya
  11. Saya mencoba sekuat tenaga, Saya seorang yang tertib.
  12. Saya membuat orang lain melakukan apa yang saya inginkan, Saya bukan seorang yang cepat gusar
  13. Saya suka mengatakan kepada kelompok, apa yang harus dilakukan, Saya menekuni satu pekerjaan sampai selesai
  14. Saya ingin tampak bersemangat dan menarik, Saya ingin menjadi sangat sukses
  15. Saya suka menyelaraskan diri dengan kelompok, Saya suka membantu orang lain menentukan pendapatnya
  16. Saya cemas kalau orang lain tidak menyukai saya, Saya senang kalau orang-orang memperhatikan saya
  17. Saya suka mencoba sesuatu yang baru, Saya lebih suka bekerja bersama orang-orang daripada bekerja sendiri
  18. Kadang-kadang saya menyalahkan orang lain bila tejadi sesuatu kesalahan, Saya cemas bila seseorang tidak menyukai saya
  19. Saya suka menyenangkan hati orang yang memimpin saya, Saya suka mencoba pekerjaan-pekerjaan yang baru dan berbeda
  20. Saya menyukai petunjuk yang terinci untuk melakukan sesuatu pekerjaan, Saya suka mengatakan kepada orang lain bila mengganggu saya
  21. Saya selalu mencoba sekuat tenaga, Saya senang bekerja dengan sangat cermat dan hati-hati
  22. Saya adalah seorang pemimpin yang baik, Saya mengorganisir tugas-tugas secara baik
  23. Saya mudah menjadi gusar, Saya seorang yang lambat dalam membuat keputusan
  24. Saya senang mengerjakan beberapa pekerjaan pada waktu yang bersamaan. Bila di dalam kelompok, saya lebih suka diam
  25. Saya senang bila diundang. Saya ingin melakukan sesuatu lebih baik dari orang lain
  26. Saya suka berteman intim dengan teman-teman saya. Saya suka memberi nasihat kepada orang lain
  27. Saya suka melakukan hal-hal yang baru dan berbeda. Saya suka menceritakan keberhasilan saya dalam mengerjakan tugas
  28. Bila saya benar, saya suka mempertahankannya mati-matian. Saya suka bergabung ke dalam suatu kelompok
  29. Saya tidak mau berbeda dengan orang lain. Saya berusaha untuk sangat intim dengan orang-orang
  30. Saya suka diajari mengenai caranya mengerjakan suatu pekerjaan. Saya mudah merasa jemu (bosan)
  31. Saya bekerja keras. Saya banyak berpikir dan berencana
  32. Saya memimpin kelompok. Hal-hal yang kecil (detail) menarik hati saya
  33. Saya cepat dan mudah mengambil keputusan. Saya melakukan segala sesuatu secara rapih dan teratur
  34. Tugas-tugas saya kerjakan secara cepat. Saya jarang marah atau sedih
  35. Saya ingin menjadi bagian dari kelompok. Pada suatu waktu tertentu, saya hanya ingin mengerjakan satu tugas saja
  36. Saya berusaha untuk intim dengan teman-teman saya. Saya berusaha keras untuk menjadi yang terbaik
  37. Saya menyukai mode baju baru dan tipe-tipe mobil baru. Saya ingin menjadi penanggung jawab bagi orang-orang lain
  38. Saya suka berdebat. Saya ingin diperhatikan
  39. Saya suka menyenangkan hati orang yang memimpin saya. Saya tertarik menjadi anggota dari suatu kelompok
  40. Saya senang mengikuti aturan secara tertib. Saya suka orang-orang mengenal saya benar-benar
  41. Saya mencoba sekuat tenaga. Saya sangat menyenangkan
  42. Orang lain beranggapan bahwa saya adalah seorang pemimpin yang baik. Saya berpikir jauh ke depan dan terinci
  43. Seringkali saya memanfaatkan peluang. Saya senang memperhatikan hal-hal sampai sekecil-kecilnya
  44. Orang lain menganggap saya bekerja cepat. Orang lain menganggap saya dapat melakukan penataan yang rapi dan teratur
  45. Saya menyukai permainan-permainan dan olahraga. Saya sangat menyenangkan
  46. Saya senang bila orang-orang dapat intim dan bersahabat. Saya selalu berusaha menyelesaikan apa yang telah saya mulai
  47. Saya suka bereksperimen dan mencoba sesuatu yang baru. Saya suka mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sulit dengan baik
  48. Saya senang diperlakukan secara adil. Saya senang mengajari orang lain bagaimana caranya mengerjakan sesuatu
  49. Saya suka mengerjakan apa yang diharapkan dari saya. Saya suka menarik perhatian
  50. Saya suka petunjuk-petunjuk terinci dalam melakukan sesuatu pekerjaan. Saya senang berada bersama dengan orang-orang lain
  51. Saya selalu berusaha mengerjakan tugas secara sempurn. Orang lain menganggap, saya tidak mengenal lelah, dalam kerja sehari-hari
  52. Saya tergolong tipe pemimpi. Saya mudah berteman
  53. Saya memanfaatkan peluang-peluang. Saya banyak berfikir
  54. Saya bekerja dengan kecepatan yang mantap dan cepat. Saya senang mengerjakan hal-hal yang detail
  55. Saya memliki banyak energi untuk permainan-permainan dan olahraga. Saya menempatkan segala sesuatunya secara rapih dan teratur
  56. Saya bergaul baik dengan semua orang. Saya pandai mengendalikan diri
  57. Saya ingin berkenalan dengan orang-orang baru dan mengerjakan hal baru.Saya selalu ingin menyelesaikan pekerjaan yang sudah saya mulai
  58. Biasanya saya bersikeras mengenai apa yang saya yakini. Biasanya saya suka bekerja keras
  59. Saya menyukai saran-saran dari orang-orang yang saya kagumi. Saya senang mengatur orang lain
  60. Saya biarkan orang-orang lain mepengaruhi saya. Saya suka menerima banyak perhatian
  61. Biasanya saya bekerja sangat keras. Biasanya saya bekerja cepat
  62. Bila saya berbicara, kelompok akan mendengarkan. Saya terampil mempergunakan alat-alat kerja
  63. Saya lambat membina persahabatan. Saya lambat dalam mengambil keputusan
  64. Biasanya saya makan secara cepat. Saya suka membaca
  65. Saya menyukai pekerjaan yang memungkinkan saya berkeliling. Saya menyukai pekerjaan yang harus dilakukan secara teliti
  66. Saya berteman sebanyak mungkin. Saya dapat menemukan hal-hal yang telah saya pindahkan
  67. Perencanaan saya jauh ke masa depan. Saya selalu menyenangkan
  68. Saya merasa bangga akan nama baik saya. Saya tetap menekuni satu permasalahan sampai ia terselesaikan
  69. Saya suka menyenangkan hati orang-orang yang saya kagumi. Saya suka menjadi seorang yang berhasil
  70. Saya senang bila orang-orang lain mengambil keputusan untuk kelompok. Saya suka mengambil keputusan untuk kelompok
  71. Saya selalu berusaha sangat keras. Saya cepat dan mudah mengambil keputusan
  72. Biasanya kelompok saya mengerjakan hal-hal yang saya inginkan. Biasanya saya tergesa-gesa
  73. Saya seringkali merasa lelah. Saya lambat dalam mengambil keputusan
  74. Saya bekerja secara cepat. Saya mudah mendapat kawan
  75. Biasanya saya bersemangat atau bergairah. Sebagian besar waktu saya untuk berpikir
  76. Saya sangat hangat kepada orang-orang. Saya menyukai pekerjaan yang menuntut ketepatan
  77. Saya banyak berpikir dan merencana. Saya meletakkan segala sesuatu pada tempatnya
  78. Saya suka tugas yang perlu ditekuni sampai kepada hal sedetilnya. Saya tidak cepat marah
  79. Saya senang mengikuti orang-orang yang saya kagumi. Saya selalu menyelesaikan pekerjaan yang saya mulai
  80. Saya menyukai petunjuk-petunjuk yang jelas. Saya suka bekerja keras
  81. Saya mengejar apa yang saya inginkan. Saya adalah seorang pemimpin yang baik
  82. Saya membuat orang lain bekerja keras. Saya adalah seorang yang gampangan (tak banyak pertimbangan)
  83. Saya membuat keputusan-keputusan secara cepat. Bicara saya cepat
  84. Biasanya saya bekerja tergesa-gesa. Secara teratur saya berolahraga
  85. Saya tidak suka bertemu dengan orang-orang. Saya cepat lelah
  86. Saya mempunyai banyak sekali teman. Banyak waktu saya untuk berfikir
  87. Saya suka bekerja dengan teori. Saya suka bekerja sedetil-detilnya
  88. Saya suka bekerja sampai sedetil-detilnaya. Saya suka mengorganisir pekerjaan saya
  89. Saya meletakkan segala sesuatu pada tempatnya. Saya selalu menyenangkan
  90. Saya senang diberi petunjuk mengenai apa yang harus saya lakukan. Saya harus menyelesaikan apa yang sudah saya mulai
Untuk menjawab soal diatas panitia akan membagi lembar jawaban seperti berikut ini.

Perhatikan terdapat dua anak panah (di atas dan di bawah) di masing-masing nomor. Setiap anak panah selalu mengarah dan berakhir di huruf. Misalnya, soal nomor 24, dengan melihat arah anak panah ke kanan, melewati nomor 14, 4, arah diagonal ke bawah melewati soal nomor 5, 16, 27, 38, 49, 60 dan berakhir di huruf X di bawah lembar jawaban. Menurut beberapa orang trik untuk menjawab soal ini adalah memilih pernyataan ke dua untuk soal nomor1,3,8,11,12,21,22,31,32,34,35,36,37,43,44,46,48,49,50,58,59,60,63,68,69,70, 79,80,90, walaupun pakde karyo sendiri tidak melakukannya. Selamat mengotak-atik sebelum ikut tes. Jangan lewatkan untuk mendapatkan informasi tentang psikotes yang lain klik disini.
loading...

Popular posts from this blog

SOAL TES PSIKOLOGI TES KORAN

Menyambung postingan pakde karyo sebelumnya mengenai pengalaman mengikuti tes psikologi, kali ini akan di kupas tes berikutnya yaitu tes Kraeplin Pauli, orang biasanya menyebut tes koran, karena bentuknya yang memanjang seperti koran.  Sebenarnya saya tidak tahu apa fungsi tes ini, namun beberapa sumber menyabutkan bahwa tes koran berfungsi  untuk menilai :    Aspek keuletan (daya tahan) - tes ini menguji seberapa ulet seseorang menyelesaikan masalah rumit dan ambigu, dalam tempo yang terbatas, dan bagaimana tingkat konsistensinya. Aspek kemauan atau kehendak individu - Tes ini akan mengukur kemauan dan motivasi seseorang saat mengerjakan hal-hal yang rumit, dari sinilah nampak kekuatan daya juang seseorang. Aspek Emosi - Tes ini mengukur kemampuan seseorang dalam meredam dan mengendalikan diri pada saat sedang mendapat tekanan dalam pekerjaan yang cukup rumit.Hasil tes inilah yang akan digunakan untuk mengukur stabilitas seseorang yang sedang diperiksa. As

VIRUS REMOVAL THE KILLER MACHINE

Tidak ada antivirus yang paling hebat, karena virus akan selangkah lebih maju dari anti virusnya sendiri. Antivirus sendiri baru dibuat setelah virus ada. Setiap hari selalu lahir varian virus baru, sehingga membuat anti virus yang kita miliki tidak berdaya menghadang kedatangannya. Jika hal ini terjadi, apa yang harus dilakukan ? www.itku.co.cc membahasnya sebagai berikut : Pembuat virus memang sangat kreatif, agar virus dapat melenggang dengan aman di komputer biasanya ia akan melumpuhkan antivirus yang ada terlebih dahulu. Dengan demikian antivirus ibarat macan ompong yang tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi sobat tidak perlu khawatir, karena masih ada jurus jitu untuk membuat virus mati kutu yaitu kita musnahkan dengan virus removal the killer machine. Apa itu The Killer Machine ? The Killer Machine merupakan tool removal yang dapat membunuh/menghapus hampir semua jenis virus/trojan (baik varian yang telah ada atau varian yang terbaru). tool ini dapat mencari dan menghapus