Skip to main content

DIKLAT PUASA

Saat ini Indonesia masih memiliki banyak masalah yang komplek, sehingga pembangunan berjalan stagnan. Indonesia merupakan negara yang memiliki sumberdaya alam melimpah namun "terkutuk" menjadi negara miskin. Mengapa hal ini terjadi ?

Dari berbagai riset ternyata penyebabnya adalah buruknya pengelolaan sumberdaya alam . Negara ini dikelola manusia-manusia yang berkualitas rendah. Salah satu indikasinya adalah buruknya nilai kejujuran, kedisiplinan, etos kerja, serta kualitas pendidikan .

Bebicara Indonesia berarti berbicara umat islam, karena mayoritas penduduknya adalah pemeluk islam. Apakah islam tidak memiliki konsep yang mengajarkan umatnya untuk menjadi insan berkualitas ?
Jawabnya adalah ADA. Banyak sekali konsep islam yang mendorong umatnya untuk menjadi manusia berkualitas tinggi sehingga mampu membangun peradaban yang baik, salah satunya adalah pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) yang namanya telah dipatenkan puasa.

Puasa bagi umat islam merupakan ibadah sekaligus DIKLAT yang dilaksanakan rutin setiap tahun. Jika dilaksanakan dengan baik akan diberikan sertifikat dengan gelar TAKWA. Sebagaimana di tegaskan di dalam al-qur'an surat al-baqaroh :183 sebagai berikut :

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Dalam al-qur'an tersebut jelas sekali bahwa tujuan puasa adalah mendidik manusia untuk meningkatkan kualitas ketakwaannya. Tentu ketakwaan disini tidak bermakna sempit yang hanya berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhannya, namun juga hubungan manusia dengan manusia lainnya. Marilah kita teliti lebih dalam aspek pendidikan apa saja yang terkandung dalam ibadah puasa.

1. Kedisiplinan
Ibadah ini sangat menekankan kedisiplinan, puasa harus dilaksanakan tepat waktu. Waktu 1 menit pun diperhitungkan. Jika seseorang sedang berpuasa ternyata ia telah makan sebelum waktu berbuka maka batal puasanya walaupun kurang 1 menit.

2. Kejujuran
Aspek kejujuran juga ditanamkan dalam berpuasa. Pada saat ditempat yang sepi tidak ada orang melihat, disitu tersedia berbagai makanan lezat maka kita yang sedang berpuasa tidak akan mmemakannya walaupun itu makanan halal. Hal itu tidak dilakukan karena merasa di rinya sedang diawasi Allah.

3. Kesabaran
Sifat sabar akan tumbuh selama berpuasa. Seseorang akan menahan dirinya untuk tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, misalnya makan dan minum sebelum waktunya. Tanpa kesabaran yang tinggi pasti puasanya akan batal atau sia-sia (tidak dapat pahala). Sebagai mana pernah disampaikan rasulullah bahwa banyak orang yang menjalankan puasa, namun hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja (tidak berpahala) lantaran tidak bisa meninggalkan larangan-larangan dalam puasa.

4. Sikap peduli
Saat berpuasa seseorang akan merasakan haus dan lapar. Dengan demikian akan muncul rasa empati pada penderitaan orang lain . Artinya akan timbul rasa belas kasihan pada orang miskin dan keinginan memberikan bantuan kepadanya.

Itulah sebagian kecil makna ibadah puasa. Seandainya nilai-nilai puasa itu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pasti penyakit korup , tidak disiplin, kriminal , dan kemiskinan tidak menjangkiti masyarakat. Tidak perlu lagi adanya pendidikan anti korupsi, budi pekerti, moral dan sejenisnya.

Nampaknya nilai-nilai puasa ini perlu pegang dan ditancapkan kuat-kuat dalam setiap pribadi umat islam, sehingga predikat takwa yang diharapkan benar-benar terwujud. Jika "sertifikat takwa" ini digunakan untuk mengelola negara ini tentu akan melahirkan masyarakat yang BALDATUN THOYIBATUN WA ROBBUN GHOFURUN, masyarakat sejahtera yang penuh dengan rahmat dan ampunan Allah.
Kapan impian ini terwujud ?
Wallahu a'lam.
(karyadi).

Popular posts from this blog

SOAL PSIKOTES

 TES PAPI ( Perception and Preference Inventory ) Ini adalah pengalaman pertama pakde karyo mengikuti tes psikotes di UNAIR Surabaya. Tes dilakukan dengan berbagai model pemeriksaan antara lain tes logika penalaran, tes warteg , tes Kraeplien/Pauli , Draw a Man Test (DAM), menggambar pohon, army alpha intelegence test dan PAPI ( Perception and Preference Inventory ) . Dalam mengerjakan soal setiap tahap dipandu oleh petugas dengan cepat sekali. Berikut ini adalah soal tes PAPI. Dalam tes ini anda akan diberikan 90 pasang pernyataan. Jika memilih pernyataan pertama maka cara menjawabnya melingkari anak panah mendatar, namun jika memilih pernyataan kedua maka melingkari anak panah yang arah diagonal.  Ikutilah petunjuk    yang diberikan oleh pemandu. Saya seorang pekerja keras, Saya bukan seorang pemurung Saya suka bekerja lebih baik dari orang lain, Saya suka mengerjakan apa yang sedang saya kerjakan, sampai selesai Saya suka menunjukkan caranya melaksanakan sesuatu hal, S

SOAL TES PSIKOLOGI TES KORAN

Menyambung postingan pakde karyo sebelumnya mengenai pengalaman mengikuti tes psikologi, kali ini akan di kupas tes berikutnya yaitu tes Kraeplin Pauli, orang biasanya menyebut tes koran, karena bentuknya yang memanjang seperti koran.  Sebenarnya saya tidak tahu apa fungsi tes ini, namun beberapa sumber menyabutkan bahwa tes koran berfungsi  untuk menilai :    Aspek keuletan (daya tahan) - tes ini menguji seberapa ulet seseorang menyelesaikan masalah rumit dan ambigu, dalam tempo yang terbatas, dan bagaimana tingkat konsistensinya. Aspek kemauan atau kehendak individu - Tes ini akan mengukur kemauan dan motivasi seseorang saat mengerjakan hal-hal yang rumit, dari sinilah nampak kekuatan daya juang seseorang. Aspek Emosi - Tes ini mengukur kemampuan seseorang dalam meredam dan mengendalikan diri pada saat sedang mendapat tekanan dalam pekerjaan yang cukup rumit.Hasil tes inilah yang akan digunakan untuk mengukur stabilitas seseorang yang sedang diperiksa. As

VIRUS REMOVAL THE KILLER MACHINE

Tidak ada antivirus yang paling hebat, karena virus akan selangkah lebih maju dari anti virusnya sendiri. Antivirus sendiri baru dibuat setelah virus ada. Setiap hari selalu lahir varian virus baru, sehingga membuat anti virus yang kita miliki tidak berdaya menghadang kedatangannya. Jika hal ini terjadi, apa yang harus dilakukan ? www.itku.co.cc membahasnya sebagai berikut : Pembuat virus memang sangat kreatif, agar virus dapat melenggang dengan aman di komputer biasanya ia akan melumpuhkan antivirus yang ada terlebih dahulu. Dengan demikian antivirus ibarat macan ompong yang tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi sobat tidak perlu khawatir, karena masih ada jurus jitu untuk membuat virus mati kutu yaitu kita musnahkan dengan virus removal the killer machine. Apa itu The Killer Machine ? The Killer Machine merupakan tool removal yang dapat membunuh/menghapus hampir semua jenis virus/trojan (baik varian yang telah ada atau varian yang terbaru). tool ini dapat mencari dan menghapus